Tim Gabungan Lakukan Razia di Lapas Besi, Pulau Nusakambangan

Myleighashley.com – Para narapidana di Lapas Besi, Pulau Nusakambangan, Cilacap harus menjalani pemerikasaan oleh tim gabungan pada Rabu (18/1) malam. Dalam Razia tersebut ditemukan beberapa barang yang tidak harus ada di penjara seperti handphone, alat pemancar sinyal dan sejumlah barang yang diduga digunakan untuk mengkonsumsi narkoba.

“Petugas berhasil menyita puluhan Handphone berbagai merek, modem pemancar sinyal, beberapa pisau, korek api, sedotan dan botol kaca yang diduga sebagai alat penghisap sabu, besi dan kayu serta barang terlarang lainnya,” jelasnya Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto.

Pemeriksaan yang dijalani para narapidana pada Rabu (18/1) malam diketahui dilakukan oleh tim gabungan yang berasal dari berbagai pihak seperti BNN Kabupaten Cilacap, Polres Cilacap serta Petugas Lapas Nusakambangan. Dari kegiatan yang dilaksanakan, petugas gabungan memeriksa 5 blok kamar yang dihuni 344 narapidana kriminal narkoba dan teroris.

“Barang tersebut diperoleh dari dalam kamar napi atau di halaman sekitar kamar,” ucapnya.

Adapun tujuan dari razia ini adalah untuk mengantisipasi adanya barang yang tidak diperbolehkan berada di dalam lapas, hal ini pun dikatakan oleh Kalapas Besi Nusakambangan, Edi Teguh Widodo.

“Kita antisipasi barang yang tidak boleh masuk dalam lapas seperti senjata tajam, senjata api, narkoba, handphone atau barang lainnya yang patut diduga dapat menganggu keamanan,” kata Edi.

Lebih lanjut, Edi juga memberitahu tujuan lain dari razia ini. Edi mengatakan jika tujuan lain dari razia ini adalah juga untuk memberikan shock therapy supaya para napi selalu mematuhi peraturan di dalam lembaga pemasyarakatan tersebut.

Kemudian barang-barang yang disita dari para narapidana langsung di musnahkan supaya tidak bisa diambil lagi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *