BMKG Perkirakan Beberapa Wilayah Indonesia Terkena Cuaca Ekstrem

Myleighashley.com – Serangan cuaca ekstrem diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia dalam beberapa hari ke depan, berita cuaca baruk ini di sampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Semakin meningkatnya kejadian bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah Indonesia, seperti longsor di Brebes, banjir di Bandung, Cirebon, Jombang dan Bojonegoro, serta angin kencang di Sidoarjo dalam beberapa hari terakhir dipicu oleh kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia,” tutur Kepala Bidang Humas BMKG Harry Djatmiko.

Datangnya cuaca ekstrem ini disebebkan oleh beberapa pertanda sepeti arah angin dari barat yang cukup kencang den dengan bantuan pertemuan angin (konvergensi). Dan hal ini disebebkan oleh atmosfer yang sedang labil.

Perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serangan cuaca buruk seperti hujan deras sudah dipastikan terjadi diĀ  wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

“Diprakirakan potensi hujan masih terus meningkat dalam tiga hari ke depan, khususnya di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua,” jelasnya.

“Besarnya pengaruh lokal dan tingginya pemanasan mengakibatkan periode saat ini hingga akhir Februari nanti memicu peningkatan intensitas hujan lebat yang memungkinkan disertai kilat/petir dan angin kencang,” lanjutnya.

Terkait serangan cuaca ekstrem ini, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyarankan untuk warga yang berada pada wilayah yang diperingatkan untuk selalu berhati-hati.

“Waspadai kenaikan tinggi gelombang. Waspadai hujan lebat disertai angin kencang yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil,” saran Harry.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *