Asian Games 2018: Cuaca Panas di Palembang Lebih Dari Jakarta

Myleighashley.com – Pergelaran Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Palembang dan Jakarta diperkirakan akan dirundung oleh cuaca yang lumayan panas terutama di Palembang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika diwakili oleh Rahadi Prabowo selaku deputi Meteorologi menuturkan jika pergelaran Asian Games di Palembang akan dirundung cuaca yang lebih panas ketimbang di Jakarta.

“Memang bulan Agustus puncak musim kemarau dan kebetulan juga kita ada hajat Asian Games Jakarta-Palembang. Secara umum Palembang akan lebih panas sedikit dibanding dari Jakarta. Jakarta kisaran 24 (derajat celcius-red) hingga 31 suhunya,” jelasnya Rahadi kepada wartawan di Gedung C BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Rahadi mengatakan jika cuaca yang lebih panas di Palembang karena wilayahnya yang dekat dengan laut. Dan dari perkiraan BMKG Palembang akan memiliki cuaca suhu 32 hingga 33 derajat ketika Asian Games 2018.

“Range-nya Palembang suhunya bisa 32 hingga 33 derajat, Kenapa palembang relatif lebih hangat? Karena secara topografi memang posisi di Palembang kan datar dan menghadap ke timur, relatif daerah yang dekat laut itu akan cenderung lebih panas dibandingkan yang jauh dari laut,” kata Rahadi.

Secara umum Agustus dan September memang anginnya angin timuran tapi pada skala kecil bisa saja ada variasi anginnya di lokasi terkait. Untuk detailnya kita sudah perkiraan yang sudah disampaikan untuk yang lebih mikronya,” kata dia.

Sementara itu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menambahkan, BMKG telah menyiapkan program khusus untuk memantau prakiraan cuaca pada saat Asian Games berlangsung.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *