Menpora Tegaskan Pergelaran Asian Games 2018 Aman Dari Terorisme

Myleighashley.com – Menjelang Asian Games 2018 Jakarta Palembang banyak persiapan yang telah mencapai ke fase rampung dilakukan Indonesia guna menjadikan gelaran Asian Games yang nyaman, aman dan menghibur.

Terkait dengan keamanan pemerintah yang terkait dengan persiapan Asian Games telah bekerjasama dengan Kapolri, Kepala BIN, Panglima TNI, Lembaga Sandi Negara guna menjaga keamanan Asian Games 2018.

Dari hal tersebut, Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) yakin gelaran Asian Games 2018 akan aman dari aksi terorisme.

“Saya kira harus ada langkah antisipasi dari awal, termasuk merekam wajah dan mendeteksi awal pergerakan orang yang dicurigai. Negara tidak pernah takut dengan soal itu [terorisme], kami punya perangkat yang kuat. Tentu ini perlu dilakukan langkah antisipasi, dan penyadaran kepada siapapun yang ingin berbuat jahat pada Asian Games,” tutur Imam.

“Semua harus sadar bahwa ini hajat nasional untuk Merah Putih. Kalau masih punya niat jahat, tentu mereka harus kami curigai,” imbuhnya.

Imam juga ingin masyarakat tidak mengait-kaitkan kejadian teror bom Sarinah pada 2016 dan Mako Brimob pada 2018 dikait-kaitkan dengan Asian Games.

“Sekarang Pelatnas sedang berlangsung dan INASGOC sedang berjuang. Bahwa ada peristiwa itu, itu biar ditangani tuntas oleh Kapolri dan Alhamdulillah tuntas kan? Ya, peningkatan keamanan itu menjadi fokus utama,” lanjut Imam.

Sementara itu Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menyampaikan Dewan Olimpiade Asia (OCA) selaku pengawas persiapan Asian Games 2018 sudah mengetahui dengan peristiwa terorisme di Indonesia. Gatot sadar Indonesia harus menjamin Asian Games 2018 aman dari segala tindakan teroris.

“Saya katakan kepada OCA bahwa segala sesuatunya sudah terkendali. Kalau OCA merasa tidak nyaman, pasti ini sudah dibicarakan dalam Rapat Koordinasi. Meski begitu, kami tahu diri,” tutur Gatot.

“Pasca kejadian di Mako Brimob, tentu saja jadi high alert bagi kami. Dua bulan lalu saya diundang rapat di BIN, selisih tiga hari kemudian menghadiri rapat BNPT yang dihadiri di perwakilan kepolisian, INASGOC, Kemlu, Kemenpora. Kami saling memaparkan kondisi keamanan,” Gatot melanjutkan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *