Menteri Perhubungan: Hindari Motor, Manfaatkan Dengan Baik Mudik Gratis Yang Tersedia

Myleighashley.com – Mudik lebaran adalah momen yang paling ditunggu oleh para perantau yang ingin kembali berkumpul dengan keluarga dan kerabatnya. Momen ini tentu sayang jika dilewatkan.

Terkait hal tersebut, pemerintah sendiri telah memberikan bantuan kepada pemudik agar jalannya mudik menjadi lancar, seperti dengan memperbaiki jalan dan menyediakan fasilitas mudik gratis.

Namun, masih banyak yang tidak memanfaatkan fasilitas tersebut dan memilih mudik mengunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Melihat hal ini, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan menyarankan masyarakat menghindari mudik dengan motor.

“Ada kecenderungan pertumbuhan yang tinggi untuk mobil pribadi dan sepeda motor. Kita ingin dan rencanakan, suatu pertumbuhan yang tidak setinggi itu,” tutur Budi saat rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen.

Data Kemenhub menunjukkan, terjadi pertumbuhan 28,74 persen atas penggunaan kendaraan pribadi di jalan nasional, yaitu dari 2.481.334 unit pada 2016 menjad 3.194.548 unit pada 2017. ‘

Tidak bisa dipingkiri memang jika mudik dengan menggunakan motor merupakan yang paling banyak dilakukan pemudik dari setiap tahunnya, jumlah pengguna sepeda motor meningkat hingga 33,53 persen.

Menurut Budi, penggunaan sepeda motor saat mudik, rawan menyebabkan kasus kecelakaan kendaraan. Meski pada tahun lalu, angka kecelakaan berhasil ditekan 30 persen, yakni dari 4.550 kasus menjadi 3.168 kasus, namun mayoritas kasus itu terjadi terhadap pemudik sepeda motor.

“70 persen kasus kecelakaan itu timbul akibat laka motor,” kata dia. Untuk pelaksanaan mudik gratis, Budi menambahkan, hingga kini Kemenhub masih membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *