KPAI Kembali Tegaskan Larangan Perploncoan pada MOS

Myleighashley.com – Libur panjang sekolah telah berakhir pada hari ini Senin (16/7), kini saatnya para anak-anak sekolah kembali memulai aktifitas belajarnya untuk tahun ajaran baru.

Dalam tahun ajaran baru ini para siswa baru akan memulai masa orientasinya menjadi siswa. Terkait dengan ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kembali mengingatkan untuk pihak sekolah harus bisa menjamin keamanan, keramahan dan kenyamanan untuk para siswa baru.

Selain itu, salah satu budaya yang kurang baik dan selalu ada di masa orientasi siswa baru ini yaitu perploncoan dan bullying harus dihindarkan. PihakĀ  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) benar-benar akan menindak keras jika ditemukan hal demikian.

“Untuk itu, maka perploncoan dan bullying harus dicegah semaksimal mungkin. Suasana harus diciptakan penuh kekeluargaan, kondusif dan zero kekerasan,” kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti.

Tidak hanya untuk pihak sekolah, Retno Listyarti juga meminta para orang tua atau wali dari para siswa baru untuk mengantarkan ke sekolah pada hari pertama sekolah.

“KPAI juga mendorong sekolah menyiapkan diri menyambut para orangtua dan anaknya masuk sekolah kembali. Tidak sekedar menurunkan anaknya di sekolah dari kendaraan, tetapi juga mengantar masuk ke kelas sang anak,” imbuh Retno.

Mengantar anak hingga ke sekolah dapat dijadikan momentum perkenalan orang tua siswa dengan wali kelas. Dengan begitu, orang tua juga bisa mendapatkan informasi terkait program-program sekolah.

“Hal ini akan menjadi momentum yang menyenangkan bagi anak-anak. Ini juga akan membawa dampak positif ke depannya terhadap keharmonisan hubungan orangtua dan pihak sekolah, ” lanjutnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *