Cuaca Buruk dan Ombak Besar Membuat Nelayan di Tuban Tidak Melaut


Myleighashley.com – Belakangan ini cuaca di laut memang tidak menentu dan cukup membahayakan, oleh karena itu BPBD Tuban menyuarakan kepada para nelayan setempat lebih berhati-hati ketika melaut.

Berbekal informasi dari BMKG diketahui jika cuaca di laut Jawa bagian timur memiliki potensi hujan ringan dan kondisi angin dominan dari arah timur-tenggara.

“Kita berharap nelayan di Tuban waspada karena tinggi gelombang mencapai 2.5 meter hingga 3 meter di laut Jawa bagian timur. Apalagi ini kan bulan purnama juga,” tutur Kepala BPBD Tuban Joko Ludiyono.

Status wapada kepada para nelayan ini akan terus disuarakan BPBD Tuban hingga 25 Juli 2018. Dari himbauan ini banyak nelatan setempat yang memang menyadari bahaya dan tidak melakukan aktifitas melaut.

Salah satunya adalah Sutikno, warga yang bertempat tinggal di Kelurahan Karangsari Tuban ini mengatakan jika semenjak pertingatan diberikan dirinya tidak melakukan aktifitas laut hampir sepekan.

“Ini sudah satu minggu tidak pergi melaut mas, anginnya gede dan kalau di tengah gelombangnya tinggi. Kita was-was terus,” katanya.

Sutikno mengatakan untuk menutupi kerugian dari tidak melaut ini terpaksa dirinya dan keluarga mengambil uang tabungan sampai kondisi cukup normal dan bisa melanjutkan mata pencahariannya sebagai nelayan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *