Beredar Pesan Peringatan Radiasi Gerhana Bulan, BMKG Angkat Bicara

Myleighashley.com – Gerhana bulan yang dikatakan sebagai yang terlama selama abad ini sudah memasuki fase total. Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gerhana bulan akan bisa disaksikan nanti malam.

Namun, dibalik semua ini tengah ramai beredar adanya pesan sms berisi peringatakan jika gerhana bulan yang akan terjadi nanti bisa mengakibatkan radiasi kosmis yang membahayakan.

Terkait peringatan tentang radiasi kosmis melalui pesan singkat ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) angkat bicara. Ditegaskan jika tidak ada dampak radiasi dari gerhana bulan ini.

“Nggak ada dampak radiasi dari gerhana bulan ini.,” jelas Kepala Bagian Humas BMKG Harry Tirto di kantornya, Jl Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dengan pemberitauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentu sangat membantu para masyarakat yang telah menerima pesan singkat berisi peringatan radiasi tersebut.

Adapun berikut isi dari pesan singkat yang telah diteruskan oleh banyak orang tentang radiasi gerhana bulan pada pada pukul 00.30-03.30 WIB ini.

“Malam ini antara jam 00.30 pagi hingga 03.30 pagi pastikan off HP, laptop dan lain-lain dan jauhkan dari badan anda. TV Singapore telah mengumumkan berita tersebut. Tolong beritahu keluarga dan sahabat-sahabat anda. Malam ini antara jam 00.30 pagi hingga 03.30 pagi bumi kita akan menghadapi radiasi yang paling tinggi. Pancaran cahaya Cosmic akan melintasi dekat dengan bumi. Oleh itu off HP dan lain-lain dan jauhkan dari badan anda sebab akan menyebabkan kita mendapat efek radiasi yang berbahaya….Boleh lihat di Google dan NASA dan berita BBC. Bagikan pesan ini kepada orang-orang lain yang penting bagi keluarga, teman, sahabat, dan juga anak-istri anda. Anda boleh menyelamatkan nyawa banyak orang dengan berbuat demikian…
Semoga bermanfaat. Amiin…”

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin memastikan kabar yang beredar itu hoax. Thomas menyatakan tidak ada keterkaitan antara pesan itu dan fenomena gerhana bulan total terlama yang bakal terjadi dini hari ini.

“Itu hoax lama yang masih beredar. Tidak ada kaitannya,” kata Thomas ketika dimintai konfirmasi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *