BPBD Kabupaten Bandung Terima Permohonan Kesulitan Air Bersih

Myleighashley.com – Musim kemarau yang berkepanjangan di Indonesia ini diprediksi akan membuat sejumlah desa di Kabupaten Bandung mengalami kesulitan untuk mendapatkan air atau kekeringan.

Informasi ini dibeberkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, dalam informasinya dikatakan setidaknya ada 58 desa terancam kekeringan dan 169 ribu jiwa akan mengalami kesulitan mendapatkan air.

Bahkan, Ahmad Djohara selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung mengatakan sudah ada tiga kecamatan yang sudah mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Kecamatan tersebut adalah Baleendah, Arjasari dan Banjaran.

“Ada 58 desa di Kabupaten Bandung terancam kekeringan dan 169 ribu jiwa yang bisa terkena dampak kekeringan dan sulit air bersih,” ucap Ahmad saat dijumpai wartawan di kantornya yang di Komplek Pemkab Bandung.

Ahmad menuturkan jika masalah kekeringan ini sudah menyerang sejak April lalu. Sedangkan, menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim kamarau tertinggi adalah pada akhir Juli hingga September mendatang.

“Kami menerima surat dari BMKG, puncak kekeringan Agustus-September,” imbuh dia.

Menurutnya saat ini pihaknya membuat surat edaran yang tinggal ditandatangani sekretaris daerah (sekda) tentang permohonan data di setiap kecamatan seputar potensi kekeringan. Kemudian, setelah data terkumpul selanjutnya menyelenggarakan rapat dengan dinas terkait.

“Dalam rapat tersebut, kami akan meminta pertimbangan teknis. Jika, kekeringan makin meluas maka akan ditetapkan siaga darurat dan apabila semakin parah akan ditingkatkan menjadi tanggap darurat,” tutur dia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *